Waspada Penipuan Cari Teman, Pacar, Jodoh dari Sosial Media, Dating Apps (Love Scam)

Waspada Penipuan Cari Teman, Pacar, Jodoh dari Sosial Media, Dating Apps (Love Scam)

Ramai sekali adanya penipuan berkedok cari teman, pacar, jodoh yang bermula dari internet, sosial media, dan dating apps (love scam). Ada pula berkedok membelikan hadiah (gift scam) atau barang yang dikirimkan dari luar negeri yang pada akhirnya hadiah atau barang tersebut tertahan bea cukai. Kemudian disuruh membayar sejumlah uang untuk menebus barang tersebut. Setelah dibayarkan sejumlah uang, maka orang tersebut atau si penipu akan menghilang tanpa jejak setelah menerima uang darimu. 

Hal ini juga banyak terjadi pada penipuan online shop di sosial media seperti facebook atau instagram. Penipu menjual barang dengan harga yang sangat murah, contohnya jual motor Honda Beat seharga Rp5.000.000, jual kamera Canon EOS DSLR seharga Rp2.000.000, jual sepatu Adidas, Nike original seharga Rp200.000. Maka banyak orang akan tergiur oleh para penipu licik seperti ini. Mereka akan disuruh membayarkan atau mentramsfer uang DP terlebih dahulu. Setelah ditransfer, uang mereka akan dibawa kabur oleh si penipu dan barang tidak akan pernah mereka terima.

Ardy S.W. sering mendapati kasus-kasus semacam ini, penipuan yang berujung minta uang. Kasusnya bervariasi seiring berkembangnya zaman, namun Ardy S.W akan menceritakan salah satu jenis penipuan ajakan kenalan dari sosmed atau dari dating apps. Pada awalnya seperti biasa, cowok mengajak kenalan cewek dengan baik, sopan, dan santun, maka kesan pertama sudah baik bagi cewek.

Setelah itu, cowok itupun mulai semakin intim dalam berkomunikasi kemudian mengajak ketemuan. Pada saat ketemuan biasanya cowok penipu itu membawa kendaraan mewah atau mahal seperti mobil terbaru, mengajak makan di restoran atau cafe yang bagus, dan membayarkan semua pesanan. Hal ini membuat cewek semakin yakin kalau cowok ini baik, kaya, dan tidak menipu. Padahal aslinya dia adalah penipu ulung love scam.

Beberapa hari kemudian setelah makan bersama, cowok penipu ini akan ada kejadian-kejadian mendadak. Contohnya adalah keluarga sakit, uang masih di deposito belum bisa cair, dan lain-lain. Intinya si cowok penipu ini akan meminjam uang. Nominalnya berbeda-beda, mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Lalu setelah cewek meminjamkan uang pasti setelahnya uang tidak akan pernah kembali. Hal ini dikarenakan tujuan cowok itu memang untuk mendapatkan uang karena profesinya adalah tukang tipu atau love scammer.

Kisah yang kedua adalah "halo dek" yang sering dilakukan penipu berkedok polisi, tentara, atau ASN. Bisa saja cowok itu bukan polisi asli karena tukang tipu. Cewek yang ditipu kebanyakan perawat ataupun cewek-cewek polos, cewek desa, cewek rumahan, dan sejenisnya. Cowok penipu berkedok polisi, tentara, atau ASN ini ingin ketemu dengan si cewek. Namun, karena masih terikat kontrak maka harus bayar denda sekian juta. Nah, si cowok akan meminjam uang cewek targetnya dengan alasan uangnya kurang dan akan dikembalikan secepatnya setelah gajian. Padahal kenyataannya uang itu bakal dibawa kabur dan si cewek akan menangis meratapi kebodohannya.

Ardy S.W. berpesan selalu berhati-hatilah terhadap segala jenis modus penipuan yang meminta uang, meminjam uang, disuruh DP dulu sebelum lihat dan menerima barang, serta kasus-kasus lain yang pada awalnya meminta sejumlah uang. Penipu bisa cowok dan juga bisa cewek. Contohnya di MiChat banyak cewek open BO yang meminta DP dahulu, setelah menerima uang, si cewek pun menghilang entah kemana.

Intinya kalau ada orang baru yang meminjam uang jangan pernah dipinjami, orang lama saja belum tentu mengembalikan uang, apalagi orang baru. Sekian artikel dari Ardy S.W. Official Blog mengenai love scam.
Ardy Setyo W
Berbagi informasi, hiburan dan lowongan pekerjaan

Related Posts

Posting Komentar