Curriculum Vitae (CV) untuk Lamar Kerja

Cara menulis dan membuat Curriculum Vitae atau CV dalam bahasa Indonesia adalah Daftar Riwayat Hidup secara efektif. Tujuannya adalah supaya dapat dengan mudah diterima di perusahaan yang lamar.

Bagi para pencari kerja atau pencaker, desainer, bahkan CV maker, mulai dari beginner hingga profesional, tentunya sangat membutuhkan cara membuat CV yang baik dengan penulisan yang efektif. Tapi sebelumnya, kita kenalan dulu yuk sama CV.

Curriculum vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang majikan potensial tentang pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara daring) ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara (Wikipedia).

Terdapat komponen wajib yang harus ada dalam sebuah CV sebagai berikut:
  1. Profile diri, berisi: Nama lengkap, No HP, Alamat email, Alamat tinggal (hanya untuk urgent recruitment), Account Linkedin dan Behave (khusus IT)
  2. Summary profile
  3. Pendidikan terakhir dan IPK
  4. Riwayat kerja dan organisasi
  5. Pengembangan diri (sertifikasi)
  6. Skills

Ardy S.W. Official Blog juga akan membagikan beberapa tips dalam membuat CV yang baik dan efektif sebagai berikut:
  • Jumlah halaman yang disarankan adalah 1 halaman dan maksimal adalah 2 halaman.
  • Penggunaan foto pada CV tidaklah wajib. Jika di minta CV dengan mencantumkan foto, gunakan foto formal.
  • Jenis font yang di gunakan adalah tipe tegas dan jelas seperti Arial, Calibri, Garamond dan Times New Roman dengan ukuran 11 atau 12. Pilihlah warna yang gelap untuk memudahkan pembaca.
  • Jika kalian melamar di perusahaan yang bergerak di industri kreatif, biasanya diperbolehkan menggunakan CV dengan banyak gambar dan warna.
  • Hindari menaruh informasi yang tidak relevan, seperti status perkawinan, nama istri/suami/anak-anak, atau makanan favorit.
  • Tidak meletakan skala yang tidak ada evidence/buktinya

Selain CV ada juga pendampingnya CV, namanya Cover Letter. Nah, Cover letter ini merupakan surat pelengkap CV. Biasanya surat ini dilampirkan di bagian depan CV kalian. Jika pelamar dalam kondisi yang mem-bludak, Cover Letter dapat sangat membantu HRD untuk mensortir kandidat-kandidat yang sesuai.

Tetapi harus dicatat nya bahwa isi cover letter itu berbeda dengan isi CV kamu, usahakan jangan mengulang informasi yang sama dengan yang kamu tuliskan di CV. Biasanya panjang cover letter sekitar setengah halaman dengan jumlah maksimal 3 paragraf. Gunakan kalimat seringkas dan seefektif mungkin dalam cover letter kalian.

Berikut adalah cover letter yang dapat kalian lihat ataupun download secara gratis:

Saya lampirkan juga contoh CV dalam bentuk file Ms Word yang bisa kalian contoh, edit dan sesuaikan dengan CV kalian ya. Cukup diklik aja.

Nah, kalau ini adalah contoh CV dengan template yang bisa kalian download secara gratis.

  

Untuk Template CV dari luar negeri tersebut bisa kalian download secara gratis, saya rekomendasikan situs ini CV Template Gratis

Saya juga bagikan 2 situs template CV yang bisa kalian download secara gratis, cukup diklik aja ya:

Saya sangat menyarankan kalian untuk melakukan kursus-kursus bersertifikasi gratis di Elearn.id dan sertifikasi Bahasa Inggris di EF SET Certificate™ yang terstandarisasi Internasional.

Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua para pejuang CV, sekian dulu dari Ardy S.W. Official Blog.
Ardy Setyo W
Berbagi informasi, hiburan dan lowongan pekerjaan

Related Posts

Posting Komentar