Lebaran 2023 : Awalan, Cobaan & Kebahagiaan

Lebaran 2023 : Awalan, Cobaan & Kebahagiaan

Idul fitri merupakan kebebasan dari setan dan iblis yang dibelenggu saat ramadhan. Merepresentasikan hawa nafsu yang selama sebulan penuh telah usai kita tahan. Maka pada lebaran, mereka telah terbebas. Akankah kita berlomba-lomba berbuat dosa kembali? Atau senantiasa mempertahankan amalan ketika ramadhan? Semoga kita semua tetap di jalan yang lurus dan bisa mempertahankan amalan ketika ramadhan.

Ardy S.W. mengucapkan selamat lebaran 1444 hijriah, mohon maaf lahir dan batin untuk kalian para pembaca dimanapun berada. Jika sebelumnya di tahun baru 2023 banyak sekali terjadi musibah serta cobaan yang bertubi-tubi, banjir, pengurangan karyawan, PHK dimana-mana, usaha bangkrut. Maka pada bulan ramadhan penuh berkah, alhamdulillah sudah banyak sekali lowongan kerja yang dibuka serta semakin banyak yang diterima. Banjir sudah surut, banyak pengairan yang sudah dibetulkan, jalan-jalan sudah ditambal, usaha-usaha semakin lancar, omset semakin tinggi, dan sebagainya.

Tentu hal ini merupakan suatu yang baik sejak ramadhan lalu ke syawal. Banyak pula yang malah justru ditambah cobaannya, ditambah masalahnya yang membuat gundahnya hati. Maka, bersabarlah, bertawakal kepada Allah swt karena sungguh saat kita sedang diberi cobaan, maka selama itulah Allah sedang menghapus dosa kita. Selalu bersyukur atas apapun yang terjadi, maka Allah akan menambah nikmatNya kepada kita, sesuai firman Allah:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih'.” (QS. Ibrahim: 7).

Setiap manusia tentu inginkan kebahagiaan. Dalam meraih kebahagiaan dibutuhkan usaha atau ikhtiar yang dalam perjalanannya pasti ada rintangan-rintangannya. Maka dari itu, berusaha dan berdoa tanpa henti, tentu Allah akan membantu kita, akan memudahkan kita dalam segala urusan. Di momen lebaran kita bersilaturahmi, berziarah, merekatkan tali persaudaraan antar muslim. Selama berjabat tangan, saling maaf memaafkan, maka Allah akan menghapus dosa kita sampai kita berpisah satu sama lain. Seperti hadis shohih berikut:

Dari al–Barra bin 'Azib (diriwayatkan), ia berkata, bersabda Rasulullah saw, “Tidaklah dua orang muslim yang saling bertemu, kemudian saling berjabat tangan kecuali keduanya akan diampuni (dosa) sebelum mereka berpisah” [HR. Ibnu Majah, No: 3693]

Idul fitri maknanya adalah kita kembali kepada fitrah, setelah selesai menunaikan rukun islam saat ramadhan yaitu ibadah puasa, zakat, solat, yang didalamnya ada syahadat. Ditambah saling memaafkan, maka insyaAllah dosa kita akan diampuni, dihapus, seperti saat kita pertama kali terlahir dari kandungan Ibu kita.

Sekali lagi Ardy S.W. Official Blog mengucapkan selamat lebaran, selamat idul fitri bagi yang merayakan. Semoga kita senantiasa diberikan kebahagiaan oleh Allah swt. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim.
Ardy Setyo W
Berbagi informasi, hiburan dan lowongan pekerjaan

Related Posts

Posting Komentar