Apa Saja Dokumen Lamaran Pekerjaan?

Dokumen yang wajib disertakan saat melamar pekerjaan, baik itu langsung ke kantor atau secara online melalui email. Terdapat contoh surat lamaran pekerjaan yang baik, dapat diedit sesuai kebutuhan.

Kepada Para Pejuang Loker dimanapun kalian berada.
Pada kesempatan kali ini Ardy S.W. Official Blog akan membagikan informasi penting setelah Penulisan Efektif Curriculum Vitae (CV) untuk Melamar Kerja. Apa aja sih yang dibutuhkan ketika mau melamar pekerjaan? Tentunya adalah Surat Lamaran Pekerjaan. Selain itu ada dokumen lain yang harus menjadi pelengkap seperti CV, KTP, KK, Pas Foto, Sertifikat Kompetensi, dll. Saya akan kupas tuntas secara simple banget disini, simak baik-baik ya teman-teman.

Kuliah ataupun Sekolah memiliki tujuan yang sama yaitu mencari pekerjaan untuk memperoleh penghasilan. Uang memang bukan segala-galanya, namun sayangnya segalanya butuh uang. Jadi ya mau gimana lagi, kita harus bekerja. Pendidikan itu sangat penting, bukan hanya sekolah atau kuliah saja, tapi pembelajaran apapun yang bermanfaat. Pendidikan yang layak tentunya akan mendapatkan pekerjaan yang layak pula. Hal ini juga harus diimbangi dengan dokumen yang lengkap dan baik. Dengan demikian, kita akan segera mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan.

Kalian wajib memiliki beberapa bentuk dokumen, berupa fisik (lembaran), file Ms Word (Doc), file PDF. Soft file ini sangat penting untuk melamar pekerjaan secara online, kalian juga harus melakukan scan dokumen atau difoto dengan smartphone menggunakan Cam Scanner.

Berikut saya informasikan dokumen yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan:
  1. Surat Lamaran Kerja. Boleh diketik, boleh juga ditulis tangan, tapi saran saya di era digital ini adalah diketik saja. Kalian bisa mendownload langsung beberapa contoh Surat Lamaran Kerja, cukup di klik aja lampirannya dibawah dalam format doc dan docx yang dapat kalian edit menggunakan Ms Word.
  2. Curriculumm Vitae (CV) Atau Daftar Riwayat Hidup. Silakan kalian langsung Klik saja 
  3. FC atau Scan KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  4. FC atau Scan KK (Kartu Keluarga)
  5. FC atau Scan Ijazah terakhir
  6. FC atau Scan Transkrip Nilai yang sesuai dengan Ijazah terakhir
  7. FC atau Scan Sertifikat dan Piagam (jika ada)
  8. Pas Foto 3×4 dan 4×6, warna background disesuaikan dengan permintaan perusahaan ya
  9. SKCK (opsional, biasanya bisa menyusul setelah selesai interview dan dinyatakan lolos)
  10. Surat Keterangan Sehat dari Dokter (opsional, biasanya bisa menyusul setelah selesai interview dan dinyatakan lolos)

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Efektif:

Kalian wajib memiliki serta melampirkan dokumen tersebut saat melamar pekerjaan ya, baik itu secara fisik ke kantor ataupun melalui email dengan file PDF. Semoga diberi kemudahan serta cepat diberikan pekerjaan untuk kita semua.
Ardy Setyo W
Berbagi informasi, hiburan dan lowongan pekerjaan

Related Posts

Posting Komentar