Tips Ampuh Melawan Blog AGC Maling Alias Pencuri Konten

5 Tips Ampuh Melawan Blog AGC Maling Alias Pencuri Konten

Melanjutkan artikel sebelumnya yang berjudul AGC Maling Alias Pencuri Konten Yang Merugikan, maka pada postingan kali ini, Ardy S.W. Official Blog akan memberikan info untuk terhindar serta mengatasi blog AGC maling alias pencuri konten. Sesuai judul, tanpa berlama-lama saya berikan 5 tips ampuhnya.

Pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik karena rasa panik akan membuatmu mejadi gusar dan cenderung bertindak gegabah. Mungkin kamu merasa badmood dan kesal karena konten yang sudah dibuat susah payah dengan penuh kerja keras malah seenaknya dimaling tanpa izin, tanpa memberikan link sumber. Hal ini adalah wajar, karena saya pun kesal dengan blog agc maling alias pencuri konten. Untuk itu, kamu harus menenangkan diri terlebih dahulu.

Kedua, setelah kamu sudah tenang, maka kamu harus mengetahui betul alamat blog AGC maling tersebut. Selanjutnya kamu langsung saja melakukan pelaporan ke Google DMCA. Adapun website Google DMCA ini menggunakan bahasa inggris, tapi kamu tidak perlu khawatir karena Ardy S.W. Official Blog akan menjelaskan secara simpel dan mudah dimengerti sebagai berikut:

1. Masuk ke Report content on Google

2. Isi identitas diri kamu sesuai formulir
  • First name: nama depan kamu
  • Last name: nama akhir kamu
  • Company name: nama blog kamu, contoh Ardy S.W. Official Blog
  • Centang tulisan "I confirm that I am the copyright holder for the content in question, and I am not filing this notice on behalf of another party."
  • Email Address: email kamu
  • Country/region: negara kamu tinggal, contoh Indonesia

3. Isi informasi konten kamu yang sudah dimaling alias dicuri
  • Is the submission related to an unauthorized stream of an upcoming live-event? pilih Yes
  • Identify and describe the copyrighted work, isi sebagai berikut:
    I found my copyrighted works posted on other blogs without Permission. Content with the title “isi dengan judul artikel” is original work by me and I am the copyright owner of the article. Please check starting from the picture, and the contents of the article are all the same as my article. Overall almost 100% of my articles have been copied.
  • Jika kamu ingin melaporkan lagi konten lain yang dimaling alias dicuri dalam laporan yang berbeda, kamu tambahkan kata again setelah kata found, menjadi I found again.
  • Where can we see an authorized example of the work?: isi dengan alamat atau url blog kamu yang kontennya dimaling atau dicuri
  • Location of infringing material: isi dengan alamat atau url blog AGC maling alias pencuri konten

4. Pada bagian Sworn Statements kamu bisa centang semuanya ya

5. Pada bagian Signature:
  • Signed on this date: isi dengan tanggal saat ini atau tanggal saat kamu submit laporan, kamu cukup klik tanggal pada kalender yang tersedia di formulir, contoh Mar 2, 2023
  • Signature: isi dengan nama lengkap kamu sesuai nama yang diisikan pada identitas yang pertama
  • Klik I'm not a robot

6. Klik Submit, Selesai

Setelah itu kamu tunggu saja hasil dari pelaporanmu di kotak masuk gmail. Berdasarkan pengalaman Ardy S.W. Official Blog langsung pada hari itu juga blog AGC maling alias pencuri konten pada beberapa jam setelah saya lapor berhasil ditakedown oleh Google dan masuk ke Lumen database. Di Lumen kamu bisa lihat detail pelaporanmu secara lengkap. Kalau kamu menemukan blog AGC maling lagi dan ingin melaporkannya lagi, kamu cukup ulangi saja langkah diatas.

Ketiga, setelah melakukan pelaporan, kamu wajib membentengi konten kamu dari blog AGC maling dengan cara memberikan watermark pada setiap gambar di postingan kamu. Seperti yang sudah saya lakukan yaitu memberikan watermark berupa nama Ardy S.W. Official Blog atau url ardysetyo.blogspot.com pada semua gambar di postingan blog. Selain itu, kamu juga bisa sisipkan nama blog kamu pada setiap postingan sebagai identitas bahwa kamu yang menulisnya.

Keempat, khusus pengguna Blogger, kamu dapat melindungi blog kamu dengan menambahkan script auto cantumkan sumber saat artikelmu dicopas dengan cara:
  • Edit template
  • Edit html
  • Cari kode </head>
  • Tempatkan script berikut ini tepat diatasnya
    <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[function copaslink(){var e,n=document.getElementsByTagName("body")[0],t=(e=window.getSelection())+("<br/><br/>&copy; Sumber Artikel : <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>"),o=document.createElement("div");o.style.position="absolute",o.style.left="-99999px",n.appendChild(o),o.innerHTML=t,e.selectAllChildren(o),window.setTimeout(function(){n.removeChild(o)},0)}document.oncopy=copaslink;//]]></script>
  • Selesai
Selanjutnya, tambahkan script anti CTRL+P dan anti CTRL+U dengan cara tempatkan script berikut ini tepat diatas </head>
  • <style media='print, handheld' type='text/css'>    * { display: none; }</style>
  • <script type='text/javascript'>document.onkeydown = function (cc) {if(cc.which == 85){return false;}}</script>
  • Selesai
Kelima, ubah setelan feed kamu menjadi pendek seperti gambar dibawah ini

Setelan Feed Blog Ardy S.W. Official

Demikianlah lima langkah mudah yang menjadi suatu tips ampuh melawan blog AGC maling alias pencuri konten dari Ardy S.W. Official Blog. Meskipun kelima langkah tersebut masih bisa saja dimaling atau dicuri oleh para blog AGC, tapi setidaknya sudah membuat mereka kesulitan daripada blog kita tidak ada perlindungannya sama sekali karena lebih baik mencegah daripada mengobati.
Ardy Setyo W
Berbagi informasi, hiburan dan lowongan pekerjaan

Related Posts

Posting Komentar