Menyelami Dunia Kripto (Bitcoin)

Cryptocurrency, Bitcoin, Litecoin, Dogecoin, Blockchain adalah merupakan aset digital berupa mata uang kripto yang dapat ditukarkan.

Berbicara tentang kripto, menurut Ardy S.W. Official Blog, kripto merupakan sesuatu yang lebih dari sekedar mata uang. Setiap koin adalah aset yang memiliki harganya masing-masing. Ada jutaan koin yang telah tercipta dan sudah diakui legalitasnya oleh dunia. Kebanyakan orang menganggap kripto hanyalah sebuah ketidakjelasan. Namun, ketika seseorang aku berikan makanan, minuman, hadiah, atau apapun, maka mereka akan senang. Tanpa mereka tahu kalau aku membelinya dengan koin kripto yang sudah ditukar menjadi rupiah.

Naik turunnya nilai tukar dari koin kripto yang selalu fluktuatif. Hal ini membuatku memberikan predikat paling berbahaya, jauh diatas saham dan saham gorengan. Maka dari itu, jangan coba-coba. Lalu kenapa harga koin kripto bisa naik turun seperti itu? Langsung saja aku jawab bahwa cara kerjanya sama seperti mata uang ataupun aset lainnya yang kita semua sudah mengetahuinya.

Karena aku menyukai es krim, jadi aku akan memberikan contoh tentang harga es krim. Harga es krim ditentukan oleh orang yang mau menjual dan membeli es krim itu. Misalkan, aku jual es krim dengan harga Rp 5.000, tapi kamu cuma mau bayar Rp 4.000. Dengan demikian tidak akan terjadi kesepakatan jual-beli.

Kalau aku dan kamu sepakat bernegosiasi di harga Rp 4.500 setelah tawar menawar yang sengit, akhirnya terjadi kesepakatan jual-beli. Ketika musim kemarau, maka akan lebih banyak orang membeli es krimku, maka harga es krim akan naik. Ketika musim hujan, pastinya harga akan turun. Ketika musim hujan tidak akan banyak orang yang menjual eskrim, sehingga stok es krim menjadi menipis. Meskipun begitu, ada saja orang yang mau membeli beli es krimku, meski tidak banyak jumlahnya. Hal ini juga dapat menyebabkan kenaikan harga.

mengenali apa itu kripto

Sama seperti uang rupiah yang kita miliki, seakan-akan nilainya nampak stabil. Tetapi, ketika akan ditukarkan dengan uang dolar, sebagai contoh Rp 14.000 hanya akan menjadi $ 1. Namun, bisa juga $ 1 menjadi Rp 10.000, tergantung pada situasi dan kondisi pasar uang. Kurang lebihnya seperti itulah suasana pasar yang terus menerus berubah. Ditambah lagi dengan adanya inflasi yang membuat jatuh nilai tukar mata uang.

Kita tidak mungkin menyimpan uang dalam bentuk es krim, tetapi kita bisa makan es krim. Kita tidak bisa makan koin kripto, tetapi kita bisa menyimpan uang menjadi aset kripto. Setelah itu, kita bisa menarik kembali koin kripto menjadi mata uang rupiah. Lalu, kita bisa membeli es krim dan memakannya. Sampai sini sudah paham kan perbedaannya?

Seperti kata pepatah, jangan menyimpan keseluruhan hartamu hanya di satu keranjang. Maka dari itu, simpanlah uangmu di berbagai instrumen finansial. Seperti yang sudah aku jelaslkan di artikel-artikel sebelumnya ya. Kamu bisa menyimpan di deposito, surat berharga negara, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, obligasi, saham, indeks, properti, emas, hingga aset kripto.

Pada awalnya, Ardy S.W. Official Blog mencoba menukar uang rupiah menjadi koin kripto Bittorrent (BTT) di Indodax senilai Rp 20.000-an dan pada 24 Maret 2021 harganya menjadi Rp 30.000-an. Aku tidak mengharapkan keuntungan apapun, aku cuma hobi menabung alias menyimpan uang. Di Indodax aku sudah mulai nyaman menyimpan uang recehan.

Sambil bekerja, di sela-sela gabut pun sambil memainkan cloud mining gratisan, menambang, faucet, mencari recehan koin kripto, salah satunya adalah Tron (Trx) yang berhasil aku dapetkan sebanyak dua koin lebih Trx yang harganya lebih dari Rp 2.000. Sebuah kegabutan yang menghasilkan recehan. Kamu tidak perlu khawatir, Indodax sangatlah aman dan legal diawasi langsung oleh Bappebti, Kementerian Perdagangan RI, dan Kominfo.

indodax adalah singkatan dari indonesia bitcoin and crypto exchange

Selain Indodax, ada juga situs atau aplikasi yang legalitas dan keamanannya terjamin oleh Pemerintah Indonesia, yaitu: Pintu, Rekeningku, Tokocrypto, ZipMex, UpBit Indonesia, Luno, Triv, Bitocto, Binance, OKEx, Tokenomy, Huobi, Bityard, dan Remitano. Aku sangat tidak menyarankan kamu menyimpan uang di aset kripto.

Segala jenis resiko apapun wajib kamu tanggung sendiri. Aku tidak pernah sama sekali mengajak kamu atau siapapun untuk menabung, investasi, menyimpan uang, apalagi berhutang di dunia kripto. Aku hanya menuliskan saja pengalamanku disini.

#cryptocurrency
Disunting pada 15 April 2023
Ardi S.W.
Ardy Setyo W
Berbagi informasi, hiburan dan lowongan pekerjaan

Related Posts

Posting Komentar